Now Playing Tracks

Tumblr, Blog Sederhana dan Mudah

Sudah pernah mendengar kata Tumblr? Tumblr adalah salah satu layanan blog di dunia internet yang menawarkan kemudahan. Dibandingkan dengan layanan blog lainnya, Tumblr memiliki tampilan dan fungsi yang simpel, sederhana dan mudah digunakan. Disini, Anda akan sangat mudah mem-posting sesuatu berdasarkan jenisnya seperti teks, gambar,video dan sebagainya.

Tertarik untuk membuat blog di Tumblr?

Langkah 1

Bukalah http://www.tumblr.com dari halaman browser Anda.

Di halaman muka, Anda akan langsung menemukan formulir pendaftaran. Isilah alamat email Anda, password serta alamat Tumblr yang Anda inginkan. Selanjutnya klik Sign up and start posting!

Langkah 2

Tumblr akan membawa Anda tur singkat untuk mengenal fitur-fitur Tumblr.
a. Create Post
Anda akan diberitahu tentang bagaimana cara membuat posting berdasarkan jenisnya. Klik salah satu ikon, jika Anda ingin memulai posting.  Tutup kotak Create your first post! dengan mengklik tanda silang di pojok kanan untuk melanjutkan tur.

b. Costumize Blog
Selanjutnya, Tumblr akan menunjukkan bagaimana caranya Anda dapat mengkostumisasi blog Anda. Disini Anda bisa langsung menuliskan judul blog dan upload foto profil. Lebih lanjut soal kostumisasi akan dibahas di artikel berikutnya. Sekarang, tutup layar Now costumize your blog! dengan mengklik tanda silang di pojok kanan.

c. Follow People
Seperti fitur di Twitter, Tumblr juga menggunakan sistem follow dalam layanannya. Artinya Anda dapat mengikuti blog Tumblr orang lain dan kemudian setiap update dari blog tersebut akan muncul di halamanDashboard Anda. Untuk mencari akun Tumblr teman Anda, masukkan email dan password Anda. Untuk melewati langkah ini tutup layarFollow some cool people! dengan mengklik tanda silang di pojok kanan.

Langkah 3

Selanjutnya Tumblr akan membawa Anda ke menu Goodies. Disini Anda dapat memilih aplikasi Tumblr yang bisa mempermudah akses Anda ke Tumblr.

Untuk kembali ke halaman utama, klik Dashboard.

Langkah 4

Dari menu Dashboard, Anda bisa mulai melakukan posting.

Untuk membuat posting berupa tulisan,  klik ikon Text dan Anda dapat langsung mengetik isi posting pada kotak berikut:

Sebelum menerbitkan posting, Anda bisa menambahkan opsi penerbitan, tanggal dan tag pada menu Advanced options yang ada di sisi kanan. Selanjutnya klik Create Post.

Langkah 5

Kini Anda kembali ke halaman Dashboard, disini Anda akan menemukan posting terbaru Anda di urutan paling atas. Di halaman ini, Tumblr akan menampilkan posting Anda dan posting orang-orang yang Anda ikuti berdasarkan urutan waktu, dimana yang paling baru akan muncul di urutan paling atas (mirip dengan susunan posting di Twitter).

Dengan Tumblr Anda juga bisa memposting ulang blog teman Anda dengan mengklik tulisan reblog yang ada di pojok kanan setiap posting. Fitur reblog ini membuat identitas penulis blog aslinya tidak hilang seperti yang terjadi jika Anda copy paste blog dengan cara biasa.

Langkah 6

Jika ingin tahu bagaimana tampilan blog Tumblr Anda, klik saja foto profil Anda. Maka Anda akan melihat tampilan yang akan dilihat orang lain saat membuka alamat Tumblr Anda seperti berikut:

Nah, membuat blog dengan menggunakan Tumblr lebih sederhana dan mudah kan? :)


»

Tumblr : Cara Kreatif Menulis Blog

Tumblr Logo

Tumblr sebagai salah satu platform blogging populer yang sedang naik daun di kalangan para pengguna internet kini mulai kehilangan identitasnya. Dengan mengusung kalimat “the easiest way to blog” sebagai slogan, para pengguna Tumblr tampaknya tidak melihat fungsi Tumblr sebagai tempat untuk melakukan berbagai aktivitas blogging.

Tumblr mengijinkan para penggunanya untuk mem-follow pengguna lain, sehingga setiap postingan terbaru dari blog yang mereka follow akan muncul di Dashboard. Adanya fitur Reblog, atau istilah umumnya Re-post, menjadi penyebab masalah ini. Pengguna Tumblr dapat dengan mudah memposting ulang post yang disukainya hanya dengan mengklik tombol reblog yang tersedia. Fitur reblog ini tampaknya sangat digemari para pengguna Tumblr, sehingga mayoritas postingan yang terdapat di blog penggunanya adalah hasil reblog, yang tentunya membuat Tumblr kehilangan konsep awal dari sebuah blog.

Aksi reblog ini pun berawal dari adanya fitur Tumblarity, dimana semakin banyak pengguna dan followers yang meng”like” atau mereblog postingan mereka, semakin tinggi angka Tumblarity yang mereka dapat. Mayoritas pengguna Tumblr pun menjadi lebih tertarik untuk menaikkan angka Tumblarity dengan postingan-postingan yang bisa menarik pengguna lain untuk mereblog atau sekadar meng”like” postingan tersebut. Hilangnya fitur Tumblarity ini pun tidak membuat Tumblr kembali ke jalan yang benar – arus yang harus dilawan ternyata terlalu kuat.

72vt68 Tumblr : Cara Kreatif Menulis Blog

Perubahan ini tidak membawa pengaruh buruk yang cukup signifikan. Tumblr sekarang ini menjadi tempat ajang berbagi berbagai hal : foto, gambar, lagu, atau kutipan yang bersifat inspirasional. Yang menjadi masalah adalah ketika pengguna tumblr menghilangkan kredit atau hak cipta dari pemilik asli postingan tersebut. Beberapa pengguna tumblr bahkan menghilangkan fitur right-clicksehingga pengunjung tidak bisa menyimpan gambar dan menggunakannya untuk kepentingan pribadi.

Tumblr sendiri merupakan situs blogging yang cukup mudah untuk digunakan. Tidak hanya itu, pengguna Tumblr juga dapat dengan mudah menghubungkan Tumblr dengan berbagai situs jejaring sosial lain seperti Twitter dan Facebook. Mobilitas Tumblr pun terjaga dengan aplikasi Tumblr khusus untuk pengguna iPhone dan Blackberry.

Tertarik mencoba Tumblr?

Tentang Tumblr

1498nk7 Tumblr : Cara Kreatif Menulis Blog

Tumblr didirikan oleh David Karp pada tahun 1997 didanai oleh penghasilan Carp sebagai konsultan piranti lunak. Setelah melakukan usaha penggalangan dana, Tumblr memperoleh US$ 5.25 juta dari Union Square Ventures, Spark Capital dan Betaworks.

» 

We make Tumblr themes